Pemkab Sidrap Wujudkan Program Satu Tahfiz Satu Kelurahan

SIDRAPPOS.COM, SIDRAP — Mewujudkan program “Satu Tahfiz Satu Kelurahan”, para lurah di Kabupaten Sidrap diimbau mengirim warganya mendaftar menjadi santri penghafal Al-Qur’an di Pondok Tahfidzul Qur’an (PTQ) Darul Islam.

PTQ Darul Islam yang didirikan Pemerintah Kabupaten Sidrap di Taman Religius Nonanonae, Desa Lainungan, Kecamatan Watang Pulu tersebut, menyediakan program beasiswa kepada santri. Dalam waktu dekat, penerimaan santri program beasiswa akan dibuka.

Bacaan Lainnya

Selain PTQ Darul Islam, pembimbingan santri tahfiz juga akan dilakukan PTQ Darul Ikhlas Botto, Kecamatan Pitu Riase.

Berkenaan hal tersebut, Badan Pengelola Pondok Tahfidzul Qur’an Darul Islam mengadakan pertemuan dengan para camat dan lurah, Rabu (21/12/2022) di ruang rapat Sekda Sidrap.

H. Bachtiar, Ketua Badan Pengelola Pondok Tahfidzul Qur’an Darul Islam sekaligus Kadis Kominfo Sidrap menjelaskan, pertemuan untuk mengevaluasi dan menyukseskan program Bupati Sidrap “Satu Tahfiz Satu Kelurahan”.

“Harapan kami, semoga awal tahun 2023 nanti setiap kelurahan sudah mendaftarkan para santrinya,” ujar Bachtiar.

Bachtiar juga mengungkap, program tahfiz diutamakan untuk masyarakat yang kurang mampu, dan pendaftarnya bisa dari tamatan SD dan SMP.

“Program tahfiz ini selain mendapatkan ijazah tahfiz juga mendapatkan ijazah pendidikan formal. Visi yang ingin dicapai dalam program ini adalah menjadikan hafiz yang kurang mampu menjadi imam masjid di masing-masing kelurahan, dan akan ada MoU dengan masjid-masjid kelurahan,” paparnya.

Dikatakannya pula, untuk tahap pertama program diarahkan kelurahan, di mana setiap kelurahan mengirim warganya untuk dijadikan penghafal Al-Qur’an.

“Rencana selanjutnya tahap kedua baru kita program untuk satu desa satu tahfiz,” tandas Bachtiar.(*)

Pos terkait