Apel Kesiapsiagaan Bencana, Wabup Sidrap Tekankan Kewaspadaan Cuaca Ekstrem

SIDRAPPOS.COM, SIDRAP — Apel gelar pasukan kesiapsiagaan menghadapi bencana alam dan pengecekan peralatan SAR tingkat Kabupaten Sidrap berlangsung Kamis (17/11/2022) di lapangan Kompleks SKPD Sidrap. Kewaspadaan terhadap cuaca ekstrem ditekankan dalam acara ini.

“Sebagaimana kita ketahui bersama, akhir-akhir ini selain ancaman pandemi covid-19 , hal yang perlu diwaspadai adalah cuaca ekstrem , seperti curah hujan yang tinggi disertai angin kencang yang dapat mengakibatkan bencana alam seperti tanah longsor dan banjir,” ujar Wakil Bupati Sidrap, H. Mahmud Yusuf, selaku inspektur apel.

Bacaan Lainnya

Mahmud Yusuf menambahkan, masyarakat Kabupaten Sidrap sebagian berada pada daerah perbukitan yang rawan longsor dan sebagian berdomisili di danau yang rawan akan terjadinya banjir dan angin puting beliung.

“Berdasarkan catatan, jumlah kasus bencana yang terjadi di Kabupaten Sidrap sepanjang Januari sampai dengan November 2022 yaitu telah terjadi lima kali bencana yakni hujan deras, angin puting beliung dan tanah longsor yang sekali mengakibatkan banyak kerugian materiel dan lainnya,” paparnya.

Mahmud juga mengatakan, apel tersebut merupakan wujud kesiapan Polri bersama TNI dan instansi terkait lainnya dalam menghadapi bencana yang terjadi.

“Serta sebagai sarana untuk konsolidasi pengecekan dan personel beserta kelengkapan sarpras, sebelum menghadapi tugas pengamanan bencana di Kabupaten Sidrap,” jelas Mahmud.

“Terima kasih kepada seluruh peserta apel sekalian yang telah hadir dan terus bersemangat dalam melaksanakan tugas–tugas kemanusian, satukan tekad dan komitmen dalam rangka penanganan bencana semoga seluruh pengabdian anda sekalian menjadi berkah bagi seluruh rakyat Indonesia,” pungkas Mahmud.

Apel tersebut dihadiri Dandim 1420/Sidrap, Letkol Inf Andika Hari Priyantoro, Kapolres Sidrap, AKBP Erwin Syah, SIK, Asisten Ekonomi Pembangunan sekaligus pengurus IOF Sidrap, Siara Barang, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Muhammad Iqbal, Asisten Administrasi Umum, Nasruddin Waris, serta kepala OPD dan camat.

Sementara peserta apel masing-masing satu peleton dari TNI Kodim 1420 Sidrap, Sat. Sabhara, Sat. Lantas, gabungan Sat. Reskrim, Narkoba dan Intel, Satpol PP, Dishub, BPBD, Tagana Dinsos, serta PMI. Hadir pula para anggota IOF Sidrap sebagai undangan.

Dalam kesempatan itu, Wabup Sidrap bersama Dandim 1420, Kapolres Sidrap dan kepala instansi terkait, berkeliling melakukan inspeksi pasukan serta sarana dan prasarana penanggulangan bencana.(*)

Pos terkait