Ternyata Begini Cara Kerja Hacker, Kamu Harus Waspada!

SIDRAPPOS.COM — Hacker atau biasa dikenal juga sebagai peretas adalah seseorang yang mempunyai skill pemrograman dan mampu menerobos jaringan atau sistem keamanan komputer dengan tujuan tertentu. Namun sayangnya, tidak sedikit hackeryang menggunakan skillmereka untuk melakukan hal tidak baik atau bahkan tindak kejahatan.

Oleh karena itu, sebagai masyarakat yang bijak dan berwawasan, kamu harus mengetahui cara-cara kerja hackerberikut ini.

Bacaan Lainnya

8 Cara Kerja Hacker Melakukan Peretasan

Dilansir dari laman resmi Kaspersky, berikut adalah cara hackermelakukan peretasan.

1. Melakukan Rekayasa Sosial

Rekayasa sosial adalah teknik manipulasi psikologis yang umum digunakan oleh para oknum nakal. Biasanya, dengan teknik tersebut, oknum-oknum nakal akan merancang sebuah teknik manipulasi sedemikian rupa untuk mengeksploitasi kesalahan manusia dengan tujuan akhir mendapatkan informasi pribadi atau rahasia.

Biasanya, para hackermelakukan cara atau modus ini melalui panggilan telepon, pesan singkat, atau jaringan internet, seperti email atau websitepalsu.

2. Memanfaatkan Wifi Publik

Tahukah kamu kalau para hackeratau oknum-oknum bisa mengambil datamu hanya dengan memanfaatkan jaringan wifi publik? Oleh karena itu, tidak sedikit tips keamanan yang menyarankanmu untuk tidak mengakses data penting termasuk membuka situs atau aplikasi perbankan serta keuangan lainnya menggunakan wifi publik. Karena hal ini akan sangat berisiko.

3. Meretas Kata Sandi

Hackerjuga sering menggunakan cara “coba-coba kata sandi”. Cara ini juga dikenal dengan sebutan brute force(menebak berbagai kombinasi passwordyang memungkinkan). Selain brute force, hackerjuga menggunakan algoritme sederhana dan serangan kamus.

4. Memasang Malware

Cara selanjutnya adalah dengan memasang malwareLalu, bagaimana cara kerjanya? Hackerakan menyusup atau masuk ke perangkat pengguna. Kemudian malwareakan disebarkan ke “target” dengan beberapa metode. Seperti, email, pesan pribadi, hingga situs dengan konten yang dapat diunduh.

5. Membuat Backdoor

Backdooradalah portal rahasia yang digunakan para hackeruntuk mendapatkan akses gelap ke sebuah sistem komputer, websiteatau softwareNamun sayangnya dalam kasus ini, para hackermembuat backdooruntuk mencuri data penting.

6. Memata-matai Email

Para hackerjuga kerap kali membuat codeyang memungkinkan mereka untuk membaca atau bahkan mencegat email. Namun, jangan terlalu khawatir karena saat ini, mayoritas program email sudah dienkripsi. Jadi, walaupun si hackermencegat pesanmu, mereka tetap tidak bisa membacanya.

7. Merekam Ketikan Keyboard

Merekam ketikan keyboard bisa dilakukan dengan bantuan sebuah program. Melalui program tersebut, hackerbisa melacak segala aktivitas penekanan tombol yang kamu lakukan untuk kemudian dimanfaatkan sesuai dengan tujuan dan niat mereka.

8. Membuat Komputer Zombie

Komputer zombie adalah komputer yang digunakan hackeruntuk melakukan DDoS atau Distributed Denial of Service. Sehingga mereka bisa mengendalikannya dari jarak jauh untuk kemudian digunakan dalam melancarkan aksi atau rencana mereka.

Selalu Waspada dan BerJAGA-jaga adalah Kuncinya

Pada dasarnya, tidak ada satu orangpun di dunia ini yang kebal akan tindak kejahatan. Semuanya, termasuk kamu bisa menjadi target para hackeratau oknum-oknum nakal lainnya di waktu yang tidak terduga.

Oleh karena itu, tetaplah waspada dan berjaga-jaga dengan rajin membaca informasi dan tips-tips keamanan dari serangan hacker.(*)

Pos terkait