Yance dan Yakob Sayuri, Si Kembar Andalan PSM Makassar

SIDRAPPOS.COM — Yance Sayuri dan Yakob Sayuri, si kembar yang menjadi tulang punggung PSM Makassar di Liga 1 musim 2022/2023 ini.

PSM Makassar bisa dikatakan sebagai klub terbaik di Indonesia saat ini. Pasalnya, klub berjuluk Juku Eja itu belum terkalahkan sepanjang Liga 1 2022/2023.

Bacaan Lainnya

Dalam 7 laga yang telah dilakoni, PSM Makassar telah mengantongi 5 kemenangan dan 2 hasil imbang di Liga 1 2022/2023.

Status sebagai yang terbaik di Indonesia pun mampu dibuktikan PSM Makassar di luar kompetisi Tanah Air, yakni di ajang Piala AFC 2022 zona Asia Tenggara.

PSM Makassar belum lama ini mencetak sejarah dengan lolos ke final Piala AFC 2022 zona Asia Tenggara. Sebagai informasi, belum ada tim Indonesia yang berhasil meraih catatan tersebut.

Kendati kalah di partai final dari Kuala Lumpur City FC, tetap saja pencapaian PSM Makassar itu membuktikan bahwa merekalah yang terbaik di Indonesia saat ini.

Kiprah apik PSM Makassar di musim ini sendiri tak lepas dari sang pelatih Bernardo Tavares yang andal dalam meracik strategi.

Selain itu, kejeniusan Bernardo Tavares berbanding lurus dengan apiknya keputusan manajemen dalam memilih pemain yang direkrut.

Apiknya keputusan manajemen PSM Makassar dalam merekrut pemain terlihat dari perekrutan si kembar Yance dan Yakob Sayuri.

Kini si kembar ini berhasil menjadi tulang punggung PSM Makassar sehingga mampu berbicara banyak di Liga 1 2022/2023 dan Piala AFC 2022.

Dikutip dari beberapa sumber, Yance dan Yakob Sayuri merupakan pemain yang kembar identik. Keduanya sama-sama lahir pada 22 September 1997 silam. Keduanya lahir hanya beda 3 jam saja.

Diketahui, Yakob Sayuri lahir terlebih dahulu ketimbang Yance, yang membuat Yakob pun berstatus sebagai kakak dari Yance.

Karena kembar identik, keduanya memiliki kemiripan yang sulit dibedakan. Selain wajah yang sama persis, postur keduanya pun tak memiliki perbedaan yang jauh.

Meski kembar, kiprah keduanya di sepak bola berbeda jauh. Yakob memulai kiprahnya dari Persewar Waropen, sebelum bergabung Persemi Mimika, lalu ke Barito Putera dan kini membela PSM Makassar.

Sedangkan Yance memulai kiprahnya dari Persemi Mimika sebelum akhirnya lolos trial dan bergabung PSM Makassar pada 2021 lalu.

Ada kisah unik saat keduanya bergabung PSM Makassar. Yakob bergabung Juku Eja terlebih dahulu pada 2020, sebelum akhirnya Yance menyusul setahun kemudian.

Yakob yang lebih dulu bergabung PSM Makassar, merekomendasikan saudara kembarnya tersebut ke manajemen Juku Eja yang tengah mempersiapkan diri mentas di Piala Menpora 2021.

Rekomendasi dari Yakon itu lantas membuat PSM Makassar menyeleksi Yance bersama pemain lokal lainnya.

Usai menjalani seleksi, ternyata tim kepelatihan PSM Makassar kala itu hanya ingin memilih satu saja di antara Yakob dan Yance.

Namun manajemen PSM Makassar bersikeras untuk merekrut Yance, karena faktor psikologis yang dirasa bisa menguntungkan tim.

Alhasil Yance pun direkrut PSM Makassar dan bisa bermain bersama saudara kembarnya, Yakob, di kasta teratas Liga 1.

Yance pun membuktikan bahwa dirinya pantas berseragam PSM Makassar, dan bisa berduet dengan Yakob. Hal ini dibuktikan keduanya di Liga 1 2022/2023, Piala Presiden 2022, dan Piala AFC 2022.

Keduanya menjadi andalan Bernardo Tavares di Starting Line Up PSM Makassar, di mana Yance bermain di posisi bek, dan Yakob bermain di lini serang.

Karena sumbangsih keduanya, PSM Makassar pun kini terbang tinggi dengan status tak terkalahkan hingga pekan ke-8 Liga 1 2022/2023.(*)

Pos terkait