Dollah Mando Lepas Pramuka Kwarcab Sidrap Ikuti Jambore Nasional XI

SIDRAPPOS.COM, SIDRAP — Bupati Sidrap sekaligus Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Sidrap, H. Dollah Mando melepas peserta Jambore Nasional XI tahun 2022 yang akan berlangsung di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur, 14 s.d. 21 Agustus 2022 mendatang.

Pelepasan dirangkaikan pelantikan Pengurus Kwartir Ranting Pramuka se-Kabupaten Sidrap dan Apel Besar Hari Pramuka, dilaksanakan di lapangan upacara Kompleks SKPD Sidrap, Kelurahan Batu Lappa, Kecamatan Watang Pulu, Senin (1/8/2022).

Bacaan Lainnya

Hadir dalam kegiatan tersebut, unsur forkopimda selaku Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Sidrap, para kepala dinas, camat dan seluruh unsur majelis pembimbing ranting maupun di gugus depan. Turut hadir pengurus gerakan pramuka andalan cabang, ranting, seluruh pelatih, serta orang tua para peserta jamnas.

Dollah Mando mengatakan putra dan putri terbaik Sidenreng Rappang selaku peserta jambore telah melalui proses seleksi yang ketat, dibekali ilmu dan keterampilan selama kurang lebih selama dua tahun.

“Atas nama pimpinan Kwartir Cabang, sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Sidenreng Rappang, saya menyampaikan rasa bangga yang luar biasa. Ini menjadi prestasi yang membanggakan, yang tentu saja diperoleh dengan niat dan kerja keras, serta kerja ikhlas,” katanya.

Dollah juga menyampaikan, kontingen jamnas Sidrap akan menjadi perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan dalam bidang seni budaya. “Ini merupakan kebanggaan, semoga amanah ini dapat dilaksanakan semaksimal mungkin,” tutupnya.

Dollah Mando tidak lupa menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras, hingga pelepasan peserta jambore maupun pelantikan pengurus Kwartir Ranting Pramuka se-Kabupaten Sidrap dan Apel Besar Hari Pramuka berjalan dengan baik.

Ia juga menyampaikan selamat kepada seluruh pengurus kwartir ranting yang telah dilantik dan dikukuhkan. “Melalui kesempatan ini, saya menginstruksikan, agar pengabdian ini bisa dimaksimalkan dengan mengoptimalkan seluruh perangkat yang ada,” ucapnya.

Sekaitan pelaksanaan Apel Besar Hari Pramuka, Dollah Mando berharap memberikan semangat yang baru dalam melaksanakan pengabdian terhadap gerakan pramuka. “Kerja-kerja sosial dan ikhlas sangat dibutuhkan dalam menjalankan roda organisasi ini, untuk itu saya sampaikan, melalui momen baik ini kita semua tetap diberikan semangat yang tinggi dalam menjalankan satya dan dharma pramuka,” pungkas Dollah.

Sementara itu, pimpinan kontingen sekaligus sebagai pembina pendamping putra, Adil, mengatakan pada jambore nasional kali ini, Sidrap mengutus 8 penggalang putra dan 8 penggalang putri. Mereka berasal dari berbagai kwartir ranting dan gugus depan di Kabupaten Sidrap, melalui proses seleksi dan pembekalan yang sangat ketat.

“Peserta Jambore Nasional XI perwakilan Kwarcab Sidrap, mendapat kepercayaan untuk mewakili Provinsi Sulawesi Selatan pada kegiatan pentas seni,” beber Adil.

“Salah satu visi misi peserta jambore nasional Koncab Sidrap adalah menjadi duta pariwisata dan seni, selain teknik pramuka peserta juga juga akan memperkenalkan objek wisata, adat dan budaya Kabupaten Sidrap di tingkat nasional,” imbuh Adil.

Dijelaskannya pula, jambore nasional akan diikuti perwakilan pramuka penggalang seluruh Indonesia, pramuka berkebutuhan khusus dan pramuka luar negeri.

“Kegiatan ini akan dibuka langsung Bapak Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko widodo selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional dan direncanakan ikut berkemah bersama peserta Jambore pada tanggal 14-15 Agustus,” ungkapnya.

“Pada kegiatan Jambore, peserta akan mendapatkan kegiatan berupa permainan besar, jumpa tokoh, jumpa artis, petualangan air, wisata dan berbagai kegiatan menarik lainnya,” tandas guru SMP 2 Watang Pulu itu.(*)

Pos terkait