Meski Dilarang, Warga Sidrap Antusias Salat Idul Adha Berjamaah di Masjid

  • Whatsapp

SIDRAPPOS.COM, SIDRAP — Meski Pemkab Sidrap melarang warganya salat idul adha di masjid dan lapangan karena masuk zona orange pada lebaran haji tahun ini, namun tidak menyurutkan niat masyarakat untuk tetap melaksanakan salat Ied.

Seorang warga mengatakan, dirinya bersama jamaah lainnya tetap antusias akan salat Idul Adha 1442 Hijriyah secara berjamaah di Masjid yang ada di Kelurahannya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes). Jamaahnyapun juga warga sekitar, dan tidak mengizinkan warga lain masuk

Bacaan Lainnya

“Pemerintah mengeluarkan larangan untuk salat idul adha silahkan saja, karena itu haknya pemerintah. Tapi kami sebagai jamaah punya hak juga untuk melaksanakan salat idul adha yang sudah lama dirindukan, karena ini pelaksanaanya sekali dalam setahun menyelenggarakannya,” ujar Irwan, Selasa (20/7/2021).

Jamaah ini juga mengungkapkan, selama ini masjid-masjid di Kelurahannya selalu tetap menerapan prokes kepada para jamaahnya selama melaksanakan salat. Bahkan dirinya juga meyakini hingga kini tidak ada kluster masjid, sebab masjid penuh dengan rahmat dan perlindungan Allah SWT.

“Kita tetap akan menjalankan prokes sesuai anjuran pemerintah, walaupun Sidrap dalam kondisi zona orange dan melarang untuk melaksanakan salat idul adha, sebagaimana kita umat muslim ada dua hari raya yang wajib kita merayakannya yakni idul fitri dan idul adha dengan cara merasakan salat Ied berjamaah, namun tentunya tetap melaksanakan prokes sebagaimana semestinya,” ucapnya.

Walaupun begitu, ia menghormati kebijakan Pemkab Sidrap yang melarang masyarakat untuk melaksanakan salat Ied berjamaah karena kondisi wilayah masuk zona orange Covid-19.

“Saya yakin, dari lubuk hati yang paling dalam Pemkab Sidrap tentunya ingin melihat masyarakat bersama-sama melaksanakan salat idul adha berjamaah di masjid, tetapi karena aturan yang sudah ditetapkan pemerintah bagi daerah yang masuk zona merah dan orange untuk tidak mengizinkan pelaksanaan salat ied berjamaah di masjid” Pungkasnya.(*)

Pos terkait