Bupati Sidrap Hadiri Milad Ke-6 Kebugis di Jakarta

SIDRAPPOS.COM, JAKARTA — Pengurus Besar Keluarga Bugis Sidenreng Rappang (PB Kebugis) merayakan HUT Ke-6 secara sederhana dan terbatas.

Acara tersebut dihadiri Bupati Sidrap, Ir H Dollah Mando dan Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta di Ruang VVIP Masjid Istiqlal Jakarta, Rabu malam, 4 Mei 2021.

Bacaan Lainnya

PB Kebugis dideklarasikan dan dilantik oleh Badan Pengurus Pusat Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (BPP KKSS), 18 April 2015 di Jakarta oleh perantau asal Sidrap.

“Kami syukuran HUT tahun ini secara sederhana karena masih pandemi. Beberapa kali kami adakan HUT secara massal karena dihadiri oleh ribuan perantau asal Sulawesi Selatan umumnya dan Sidrap khususnya, dan semoga malam ini menjadi perekat Keluarga Besar Kebugis dengan Keluarga Besar Masjid Istiqlal Jakarta,” kata Irjen Pol (Purn) Dr M Said Saile, Ketua Umum PB Kebugis.

Bupati Sidrap, H Dollah Mando juga merasa senang karena kebetulan bertepatan dinas ke Jakarta sehingga sempat hadiri syukuran milad ke-6 Kebugis.

Dia menyampaikan ke Imam Besar bahwa Kebugis dan Pemda Sidrap sudah menggagas pembangunan Islamic Center di Sidrap.

Sementara, Imam Besar dan Ketua Harian Badan Pengelola Masjid Istiqlal, Prof. Dr. KH. M. Nasaruddin Umar, M.A mengawali sambutannya dengan memuji Sidrap sebagai kabupaten yang makmur.

“Jemaah hajinya antri hingga 40 tahun, memiliki sejarah sebagai pencetak ulama-ulama, dan guru-guru besar, dan banyak perantaunya sudah sukses, terutama di Jakarta,” ucapnya.

“Bapak dan Ibu ketika melihat logo tulisan emas Istiqlal di mimbar khatib ruangan utama di atas, itu adalah sumbangan dari Kebugis,” kata Imam Besar Masjid Istiqlal, disambut tepuk tangan oleh hadirin.

HUT Ke-6 dihadiri secara terbatas oleh seratusan tamu dan undangan, dari tokoh-tokoh, pengurus, warga Kebugis, Pengurus BPP KKSS, dan keluarga besar Masjid Istiqlal Jakarta.

Acara diawali seremonial sambutan dan penukaran Draft Nota Kesepahaman antara Imam Besar Masjid Istiqlal dan Bupati Sidrap.

Kemudian dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng kaddo minyak oleh Ketua Umum PB KEBUGIS, kata Ketua Panitia, Kol. Andi Sutomo.

Acara pemotongan tumpeng kaddo minyak oleh Ketua Umum PB Kebugis diserahkan keenam tokoh yang hadir Imam Besar Masjid Istiqlal, Bupati Sidrap, Ketua Umum BPP KKSS, Irjen Pol (P) M. Arifin Rahim, Muchtar Amma, Mashur Bin Mohammad Alias dan, Ibu Ummul Quro, istri Ketua Umum PB Kebugis. (*)

Pos terkait