Air Baku Sering Keruh, PDAM Sidrap Keruk Sedimentasi Lumpur di Bendung Alebbonge Lawawoi

  • Whatsapp

SIDRAPPOS.COM, SIDRAP — Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Sidrap menurunkan alat berat untuk mengeruk sedimentasi lumpur di bendung air baku Alebbongnge, Lawawoi, Kecamatan Watang Pulu, Sidrap.

Alat berat yang diterjungkan itu milik Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pompengan-Jeneberang Makassar. Pengerukan dilakukan selama sepuluh hari.

Bacaan Lainnya

Direktur PDAM Sidrap, Zul Azqar mengatakan bendung air baku Alebbongnge sudah lama mengalami pendangkalan akibat sedimentasi lumpur ketika musim hujan.

“Inilah yang biasa menyebabkan kurangnya air baku serta keruh hingga pelanggan mengeluh. Untuk itu, kami koordinasi ke BBWS Pompengan Jeneberang untuk lakukan pengerukan,” ucapnya, Kamis, 29 April 2021.

Dengan selesainya pengerukan itu, lanjut Mantan Sekretaris PDAM Makassar ini mengaku bisa menambah kapasitas dan kualitas air baku dilokasi tersebut.

Sebab, katanya air baku dari bendung Alebbongnge itu akan dimasukkan terlebih dahulu ke Instalasi Produksi Air Bersih (IPA) PDAM IKK Lawawoi untuk penjernihan sebelum didistribusikan ke pelanggan.

“Kita lakukan ini tujuannya untuk memberikan layanan prima kepada pelanggan PDAM khususnya di Kecamatan Watang Pulu dengan harapan pengembangan pelanggan bisa dilakukan dengan baik,” tandasnya.(*)

Pos terkait