Pasar Sumpang Minangae Parepare Wakili Sulsel di Lomba Pasar Aman

  • Whatsapp

SIDRAPPOS.COM, SIDRAP — Pasar Sumpang Minangae wakili Sulsel di lomba pasar aman, Pasar ini telah bersertifikat SNI yang dilengkapi ruang laktasi, pos kesehatan, mushallah, toilet, sarana parkir, ruang pengaduan konsumen, bank sampah, dan etalase produksi home industri dan UKM.

Selain itu, di pasar yang berada di kawasan Tonrangeng River Side ini juga dilengkapi ruang pojok uji pangan aman sebagai tempat menguji bahan makanan jika diragukan mengandung bahan berbahaya, tempat timbangan ulang di setiap sudut pasar, dan penyediaan sayur hydroponik.

Bacaan Lainnya

Tak kalah menariknya, hadirnya inovasi berbelanja secara online dengan menggunakan QRIS, serta jasa grab. Harga bahan pokok di pasar tersebut juga update dan transparan yang dapat dipantau pada layar tv yang terdapat di pintu utama pasar.

Kelebihan lain dari pasar ini karena berkonsep belanja sambil berwisata. Para pengunjung akan dipandu petugas dari Disporapar menyusur salo’ Karajae sebagai salah satu ikon Parepare yang telah masuk dalam kalender event nasional.

Keseluruhan inovasi dan penyediaan sarana dan prasarana tersebut dibungkus dalam inovasi besar “Gadis Paman” atau gabungan dinas untuk pangan aman.

Walikota Parepare Taufan Pawe mengatakan, secara emosional pasar Sumpang harus disentuh dengan inovasi karena kesan kumuh dan terlihat jorok.

Hal itu, kata dia, dianggap harus dilakukan, terlebih pasar tersebut berada tak jauh dari Sungai Karajae ,yang menjadi venue konsep medical tourism

“Ide itu muncul dari pasar Sindu yang ada di Sanur, Provinsi Bali yang terkenal sebagai pasar tradisional yang bersih. Usai berkunjung, dari situlah kemudian muncul konsep inovasi pasar Sumpang di kepala saya,” papar Taufan dalam sambutannya saat menerima tim verifikasi di ruang pola balai kota Parepare, Selasa, (20/4/2021).(*)

Pos terkait