Pemprov Sulsel Raih Penghargaan Menkumham Sebagai Pembina Kabupaten dan Kota Peduli HAM

  • Whatsapp

SIDRAPPOS.COM, SULSEL — Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mendapat piagam  penghargaan dari Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly atas upaya pembinaan dan pembangunan sebagian Kabupaten/Kota peduli HAM pada Tahun 2019.

Penghargaan ini akan diserahkan oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulsel Harun Sulianto, Senin 14 Desember mendatang pada acara Peringatan Hari HAM Sedunia di Makassar yang juga diikuti secara virtual dengan Kemenkumham RI di Jakarta.

Bacaan Lainnya

Kepala Kantor Wilayah, Harun Sulianto,Minggu (13/12)  mengatakan, penghargaan kepada Pemrov Sulsel tersebut berdasarkan Permenkumham No. 34 Tahun 2016 tentang Kriteria Kabupaten dan Kota peduli HAM karena lebih dari setengah kabupaten kota di Sulsel meraih predikat Kabupaten/Kota Peduli HAM yakni Makassar, Palopo, Parepare, Bantaeng, Barru, Bone, Luwu Timur, Luwu Utara, Maros, Pinrang, Sidenreng Rappang, Sinjai, Soppeng, dan Toraja Utara.

“Peran Gubernur dalam melakukan pembinaan dan membangun lebih dari separuh Kabupaten/Kota peduli HAM di Sulawesi Selatan mendapat apresiasi dari Menkumham. Kami menyampaikan terima kasih  kepada Bapak Gubernur dan jajaran Pemprov Sulsel atas sinergi yang terbangun selama ini,” kata Harun.

Kepala Bidang HAM Kemenkumham Sulsel, Utary Sukmawati mengatakan bahwa ada 7 indikator yang berhasil diterapkan 14 Kab/Kota tersebut yaitu Hak atas Kesehatan, Pendidikan, Perempuan dan Anak, Kependudukan, Pekerjaan, Perumahan yang layak dan Lingkungan yang berkelanjutan.

Sementara itu, Tujuh Kabupaten/Kota lainnya hanya mendapat penghargaan cukup peduli HAM yakni Bulukumba, Jeneponto, Luwu, Pangkajene dan Kepulauan, Kepulauan Selayar, Takalar dan Wajo.

Utary berharap agar kabupaten kota tersebut mendapat piagam kabupaten/kota peduli ham tahun depan.(*)

Sumber: Humas Pemprov Sulsel

Pos terkait