KPU dan Pemkab Sidrap Rakor Pemutakhiran Data Pemilih

  • Whatsapp

SIDRAPPOS.COM, SIDRAPKPU Sidrap menggelar rapat koordinasi pemutakhiran data pemilih berkelanjutan dengan seluruh lurah se Sidrap, Selasa (24/11). Kegiatan ini, bekerjasama dengan Pemkab Sidrap.

Ketua KPU Sidrap, Syamsuddin Saleng, mengatakan, kegiatan ini penting dilakukan dalam rangka pemantapan pelaksanaan proses demokrasi di Bumi Nene Mallomo, Sidrap.

Bacaan Lainnya

“Saya atas nama KPU Sidrap berterimakasih atas partisipasi dan kerjasama Pemkab Sidrap dalam hal pemutakhiran data pemilih berkelanjutan ini,” ujar Syamsuddin Saleng di akhir acara

Sementara itu, Pemkab Sidrap, melalui Kepala Bagian Pemerintahan Kabupaten Sidrap, Fandy Anshari S. STP., M.Si mengapresiasi terlaksananya pemutakhiran data pemilih berkelanjutan tersebut

Lebih jauh Fandy mengatakan, Pemda Sidrap memiliki tanggung jawab dalam pelaksanaan tahapan tahapan demokrasi
Karenanya, Ia berharap pertemuan tersebut bisa melahirkan kesepahaman, khususnya dalam memutakhirkan data pemilih berkelanjutan di Sidrap.

“Saya kira kita memaksimalkan penggunaan tekhnologi dalam perbaikan data ini,” harapnya.

Sementara itu, Koordinator Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi KPUD Sidrap, Rasmawati, mengatakan bahwa pihaknya sudah menyiapakan aplikasi, yang secara khusus bisa digunakan oleh para lurah, dalam rangka pemutakhiran data pemilih berkelanjutan.

“Tentu akan ada data pembanding yang akan kami berikan. Karena di tingkat kelurahan, tentu para lurahlah yang mengetahui pergesaran data penduduk, semisal ada yang pindah domisili, meninggal, dan lain sebagainya. Alasan inilah menjadi dasar mengapa kami mengadakan pertemuan ini.” ujarnya

Menurutnya, pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan beberapa pihak, untuk terus melakukan pemutakhiran data pemilih berkelanjuta.

“Seperti Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VIII Sulawesi Selatan, Kementerian Agama Sidrap, Pengadilan Agama Sidrap, Polres Sidrap, Kodim 1420.

“Tadi kami sudah meminta kepada seluruh lurah, agar menentukan satu operator, yang bisa memantau pergerakan data kependudukan di wilayah masing masing. Kami juga akan membuat group Whatsapp (WA) sebagai media komunikasi kami dalam hal ini,” pungkasnya.(*)

Pos terkait