Dua Pekan Operasi, Denda Pelanggar Prokes di Sidrap Capai Rp 4 Juta

  • Whatsapp

SIDRAPPOS.COM, SIDRAP — Tim gabungan Satpol PP dan Damkar Sidrap, TNI-Polri, kembali melakukan razia protokol kesehatan (Prokes), Senin (5/10/2020).

Salah satu sasaran razia operasi yustisi protkes hari ini adalah di Pasar Tantu Tedong, Kecamatan Dua Pitue, Kabupaten Sidrap

Bacaan Lainnya

Tim gabungan langsung menyisir sekitar lokasi Pasar dan kembali masih menemukan adanya warga yang tak pakai masker. 

Operasi razia tersebut dalam upaya menegakan Peraturan Bupati Sidrap Nomor 32 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Virus Covid-18.

Sekertaris Satpol PP dan Damkar Sidrap, Andi Saipullah Tenri Tatta, mengatakan, dalam operasi tersebut, puluhan orang terjaring razia melanggar prokes dan tiga kita sanksi denda karena tak pakai masker saat terjaring razia.

Sampai di turunkannya berita ini, data yang diperoleh dari razia di sekitar Pasar Tanru Tedong berhasil menjaring sebanyak 60 pelanggar protokol kesehatan.

Dari 60 warga yang terjaring dan diberikan sanksi, sanksinya, 25 orang dapat teguran lisan, teguran tertulis 23 orang dan 9 orang memilih sanksi sosial serta 3 orang membayar denda

“Kita dapat puluhan pelanggar, sanksi yang kita berikan ada yang berupa teguran lisan, tertulis dan sanksi sosial serta sampai sanksi denda.

“Tiga orang pelanggar dilokasi pasar kita beri sanksi bayar denda masing-masing Rp 100 ribu” kata Saipullah

Dia menambahkan, sampai saat ini razia
penerapan Peraturan Bupati (Perbub) 32 tahun 2020 selama dua pekan lebih, telah mengumpulkan denda. Dari jumlah itu terkumpul uang denda sebesar Rp 4jt

Dikatakannya, penegakan Perbup nomor 32 tahun 2020 ini akan terus berlanjut sebagai upaya menegakan disiplin terhadap protokol kesehatan di Kabupaten Sidrap. Dengan harapan memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Deseasis (Covid-19).

Melalui razia tersebut, terang Saipullah, pemerintah Kabupaten Sidrap berharap bisa memotivasi warga untuk lebih disiplin mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker saat beraktivitas di luar rumah.

“Harapan kita warga semakin paham akan pentingnya masker,” tutupnya.(*)

Pos terkait