Pembentukan Karang Taruna Desa Lombo, Ini Pesan Ketua KT Sidrap

  • Whatsapp

SIDRAPPOS.COM, SIDRAP — Ketua Karang Taruna Sidrap, Muhammad Yusuf DM menghadiri pembentukan Karang Taruna Desa Lombo, Kecamatan Pitu Riase, di Aula Kantor Desa Lombo, Selasa (8/9/2020).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Pitu Riase, Andi Mukti Ali, Kepala Desa Lombo, Wahidin, pengurus karang taruna kabupaten, BPD, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda Desa Lombo.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Yusuf DM mengatakan roh karang taruna ada di desa. Di kecamatan hingga nasional fungsinya pembinaan dan fungsi koordinasi.

“Terkait pembinaan karang taruna itu sangat jelas, karang taruna masuk dalam bagian Lembaga Kemasyarakatan Desa yang diatur dalam UU Desa No. 6 Tahun 2014,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan, ke depan karang taruna akan membangun sinergitas dengan kepala desa.

“Karena program kami di karang taruna kabupaten adalah bagaimana mengedepankan pertumbuhan ekonomi masyrakat, potensi-potensi yang bisa di kembangkan, akan kita kerjasamakan dan gagas dengan pemerintah desa,” katanya.

Ia juga berharap dalam hal pembangunan desa sebisa mungkin karang taruna desa dilibatkan di dalamnya, sesuai yang diatur dalam permendagri nomor 5 tahun 2007.

Sementara itu, Camat Pitu Riase mengatakan, dengan terbentuknya karang taruna ini, banyak kegiatan yang harus dilakukan, termasuk membantu pemerintah desa dalam menjalankan program-programnya.

“Termasuk program Sidrap Sejahtera di mana salah satunya membuat tanaman obat keluarga atau toga yang harus kita kembangkan untuk membantu perekonomian masyrakat,” katanya.

Mukti Ali juga mengungkapkan, Kecamatan Pitu Riase memiliki banyak objek wisata yang cukup bagus dan bisa menarik wisatawan.

“Selain itu juga memiliki lahan perkebunan yang cukup luas, dan di sinilah peran karang taruna nantinya kita bentuk untuk mempromosikan potensi-potensi yang ada ” lanjutnya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa kelangsungan karang taruna itu harus bersinergi dengan semua elemen.

“Jika karang taruna dan semua elemen itu bersinergi, saya rasa akan berjalan dengan baik dan kami akan terus mendukung setiap kegiatan yang akan dilakukan,” imbuhnya.

Ia berharap karang taruna di desa Lombo bisa berkembang dengan baik karena dukungan pemerintah kepemudaan sudah cukup besar.

Kades Lombo, Wahidin dalam sambutannya mengutarakan akan terus berupaya sebisa mungkin untuk melaksanakan kegiatan sehingga pengambil kebijakan bisa melihat dan bisa berkunjung ke desanya.

Ia berharap kepada ketua karang taruna sidrap bahwa siapapun pun yang terpilih nantinya terus dibimbing.

“Karena tanpa bimbingan dan petunjuk kami di desa akan sulit untuk berbuat, karena kami memiliki keterbatasan SDM dan keterbatasan lainnya,” katanya.

Ia berharap kepada pengurus tepilih nantinya akan terus berkomunikasi dengan pengurus kecamatan dan kabupaten.

“Mudah-mudahan karang taruna di Desa Lombo ini bisa jadi percontohan di Kabupaten Sidrap, sekalipun kita dari pelosok,” pungkasnya.

Sebagai informasi, dalam pemilihan tersebut Gunawan terpilih menjadi Ketua Karang Taruna di Desa Lombo.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *