Sholat Idul Adha, Asisten Ekbang Bacakan Sambutan Seragam Bupati Sidrap

  • Whatsapp

SIDRAPPOS.COM SIDRAP — Warga masyarakat Sidrap melaksanakan Shalat Idul Adha 1441 H, di Masjid Agung Pangkajene Kabupaten Sidrap, Jumat (31/7/2020)

Meski masih ditengah suasana pandemi Covid-19, tidak menyurutkan itikad dan niat yang kuat bagi warga untuk melaksanakan Shalat Ied. Dengan kondisi ini, panitia Masjid menerapkan protokol kesehatan yakni setiap jamaah wajib menggunakan masker dan jaga jarak.

Bacaan Lainnya

Sebelum dilaksanakan Shalat Idul Adha, ribuan jamaah bersatu mengumandangkan Tahmid, Tahlil dan Takbir yang pimpin Imam besar Masjid Agung Sidrap H. Irwan Muhammad Ali LC.

Sholat Idul Adha, Asisten Ekbang Bacakan Sambutan Seragam Bupati Sidrap
Asiten Perekonomian dan Pembangunan Sidrap Ir. Andi Faisal Ranggong

Pelaksanaan Shalat Idul Adha ini dimulai tepat pukul 07.00 Wita dengan penerapan protokok kesehatan. H. Irwan Muhammad Ali diamanahkan sebagai Imam dan Ustadz Lukman Hasyim sebagai Khatib.

Pada kesempatan tersebut, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ir. Andi Faisal Ranggong mewakili Bupati Sidrap pada saat membacakan sambutan seragam mengatakan, pada hari ini kita merasakan sedih sekaligus bergembira ditakdirkan Allah SWT melaksanakan shalat idul adha 1441 H dalam masa pandemi Covid-19, merasa sedih karena negara kita tidak memberangkatkan jamaah haji ke tanah suci akibat wabah corona dan kita merasa gembira karena walaupun suasana wabah kita masih bisa melaksanakan shalat berjamaah idul adha tahun ini

Khatib Ustadz Lukman Hasyim

“Saya harapkan tidak mengurangi nilai semangat kita untuk saling memaafkan, saling menjaga kesabaran, disiplin dan selalu optimis dalam bekerja dan beribadah, insya allah dengan usaha, doa dan pertolongan Allah SWT, gelombang pandemi covid-19 lambat laun akan berakhir di negara kita” harapnya

Lanjut, momentum hari raya Adul Adha atau yang dikenal dengan hari raya kurban, hendaknya memberikan kesadaran kepada umat islam akan pentingnya semangat berkorban.

“Oleh karena itu, melalui hari raya idul adha ini mengingatkan kembali kita pada sejarah pengorbanan yang dilaksanakan nabi ibrahim terhadap putranya nabi ismail, hal itu sebagai kepatuhan dan rasa cinta ibrahim kepada Allah SWT. Untuk itu mari kita mengambil hikmah dan makna syariat qurban dengan semakin meningkatkan upaya dan tugas sesuai dengan fungsi dan bidang masing-masing” tutupnya

Sementara dalam khutbahnya, Ustadz Lukman Hasyim mengajak memahami dua peristiwa penting yang tidak bisa lepas dari Hari Raya Idul Adha. Kedua peristiwa tersebut adalah ibadah Haji dan Kurban. Namun pada situasi saat ini, kedua ibadah tersebut harus dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19 yang sampai saat ini belum mereda.

“Tentunya ketentuan Allah subhanahu wata’ala ini tidak boleh serta merta menurunkan semangat spiritual kita sebagai umat Islam. Kita harus meyakini bahwa selalu ada hikmah besar yang terkandung dari setiap ketetapan yang diberikan oleh Allah subhanahu wata’alawata’ala” jelasnya.

Diketahui, diwaktu yang sama, Bupati Sidrap H. Dollah Mando melaksanakan shalat Idul Adha di Masjid AR-Rahman di Kecamatan Tellu Limpoe, sementara Wakil Bupati H. Mahmud Yusuf shalat di Masjid Raya (Islamic Center) Pangkajene.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *