Jokowi: Kita Beruntung Sejak Awal Memilih PSBB Bukan Lockdown

SIDRAPPOS.COM — Presiden Joko Widodo menjelaskan alasan pemerintah memilih Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ketimbang lockdown. Jokowi beralasan agar masyarakat masih bisa beraktivitas.

“Kita beruntung sejak awal memilih kebijakan PSBB, bukan lockdown atau karantina wilayah,” kata Jokowi dalam siaran YouTube Sekretatriat Presiden, Kamis (7/5/2020).

Bacaan Lainnya

Dijelaskan Jokowi, PSBB bersifat membatasi kegiatan di tempat-tempat umum dan fasilitas umum dalam bentuk pembatasan jumlah orang dan pengaturan jarak antarorang.

“Artinya, dengan PSBB masyarakat masih bisa beraktivitas tapi memang dibatasi. Masyarakat juga harus membatasi diri, tidak boleh berkumpul dalam skala besar,” katanya.

Jokowi mengatakan, saat ini masih ditemukan masyarakat yang berkerumun dan tidak disiplin menggunakan masker.

“Bukan hanya aparat yang mengingatkan untuk disiplin, tapi mengajak masyarakat untuk secara sadar mendisiplinkan diri. Saya masih sering menjumpai masyarakat yang tidak bermasker. Nanti tolong kita semuanya bermasker. Masih bergerombol, berkerumun, hindari itu,” tutupnya.

Disamping itu Jokowi tak lupa berterima kasih kepada seluruh petugas yang selama ini bekerja dan memberi edukasi terhadap bahaya penularan virus corona.(*)

Pos terkait