Pengunjung Positif Rapid Test Covid-19, Tim Gugus Turikale Maros Sidak Warkop

  • Whatsapp

SIDRAPPOS.COM, MAROS — Seorang pengunjung warung kopi (warkop) di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil rapid test. Warga tersebut domisili di Kecamatan Turikale, Kabupaten Maros.

Tim Gugus Tugas Covid Turikale Maros langsung menetapkan wilayahnya sebagai zona merah, setelah 7 warga terkonfirmasi positif Covid-19 termasuk satu pengunjung warkop tersebut.

Bacaan Lainnya

Temuan itu membuat Gugus Tugas sidak ke sejumlah warkop maupun pedagang yang berada di pusat kota Maros.

Camat Turikale, Andi Zulkifli Riswan Akbar, mengatakan sidak dilakukan untuk mengimbau pemilik warkop maupun pedagang setelah mendapatkan informasi salah satu warga yang kerap nongkrong di warkop positif Covid-19.

“Kami dapat informasi bahwa dari hasil assement tim Covid Kecamatan Turikale, terakhir kontak dengan aktivitas masyarakat itu di sebelum Ramadhan. Tadi itu hasilnya mereka melakukan pemeriksaan di rumah sakit rapid test yang positif sehingga muncul data di tim gugus kabupaten bahwa pengunjung itu positif,” kata Andi Zulkifli, Minggu (3/5/2020).

Seluruh warung kopi yang ada di Wilayah Turikale Maro diminta tetap mematuhi imbauan pemerintah yang telah dikeluarkan sebelumnya, yaitu menerapkan physical distancing dan social distancing saat melayani pembeli maupun kepada pengunjung.

“Jadi kalau informasi yang kita dapat memang seperti itu biasanya berkopi di warkop. Jadi ini salah satu pencegahan tadi kami bersama TNI/Polri mengimbau para pemilik tetap menjaga situasi di tempat jualan dengan protokol kesehatan yang berlaku,” tuturnya.

Bertambahnya kasus positif di jantung kota Kabupaten Maros ini membuat sebagian warga sekitar merasa panik. Namun, masyarakat diimbau tetap menjaga pola hidup yang sehat dengan rajin cuci tangan dan tidak berkumpul di luar rumah.

Tim Percepatan Penanganan Covid-19 Turikale dibantu Polsek Turikale, Danramil 01, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan tim Resmob Polres Maros langsung melakukan sidak dengan menyasar sejumlah warkop yang masih buka hingga malam hari dan melayani pembelinya di tempat tanpa menerapkan physical distancing.

“Maka tindakan selanjutnya ini malam kita laporkan apa yang terjadi apa yang kami dapati di wilayah. Mudah-mudahan selanjutnya tidak ada larangan beraktivitas, tetapi betul-betul menerapkan protokol Covid yang berlaku,” ucap Zulkifli.

Sidak penertiban ke sejumlah warkop maupun pedagang di wilayah Kecamatan Turikale Maros akan terus dilakukan tim gugus tugas.(*)

Pos terkait