Wakil Bupati Pinrang Pimpin Apel Kesiapsiagaan Bencana

SIDRAPPOS.COM, PINRANG – Wakil Bupati Pinrang, Alimin memimpin Apel Gelar Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam tahun 2020, Senin (13/1/2020) di Halaman Kantor Bupati Pinrang.

Apel Siaga ini sebagai wujud tindak lanjut dari Rapat Tanggap Bencana beberapa hari lalu yang dipimpin langsung oleh Bupati Pinrang, Irwan Hamid.

Bacaan Lainnya

Apel yang melibatkan instansi terkait masalah kebencanaan ini, bertujuan untuk lebih mempersiapkan dan memastikan kesiapan aparat dalam menghadapi dan menangani serta menanggulangi bencana alam di Tahun 2020 ini.

Wabup Alimin dalam Apel ini berkesempatan memeriksa kesiapan personil pasukan dan armada yang dibutuhkan dalam penanggulangan bencana alam. Hadir dalam personil Apel dari unsur TNI/POLRI, BPBD, Pemadam Kebakaran, Satpol PP, Tagana, Dinas Perhubungan, Dinas Sosial, PSC 119, Pramuka, PMI, PMR dan unsur terkait lainnya. Turut hadir, Sekda Pinrang, Andi Budaya, unsur Forkopimda, Pemangku Eselon II para Camat, Para Danramil dan para Kapolsek.

Wabup dalam arahannya mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada semua pihak atas kesungguhan dan kerja keras dalam kesiagaan dalam penanggulangan bencana alam. Kerja keras ini terbentuk, lanjut Wabup sekaligus menjadi tanggung jawab kita semua untuk terus meningkatkan kualitas penyelenggaraan penanggulangan bencana.

Musim penghujan seperti saat ini, kata wabup, Pemerintah Kabupaten Pinrang melalui BPBD Pinrang dan unsur terkait lainnya, telah mengoptimalkan seluruh potensi yang ada untuk menghadapi kemungkinan terjadinya bencana.

“Apel Siaga Bencana ini sebagai wujud kesiapsiagaan dalam penanggulangan bencana” terang Alimin.

Wakil Bupati Pinrang Pimpin Apel Kesiapsiagaan Bencana

Wabup juga mengungkapkan bahwa penanggulangan bencana dan pengurangan resiko bencana adalah tanggungjawab semua pihak.

Oleh karena itu, kerjasama antara pemerintah dan seluruh elemen merupakan hal penting dan upaya pengurangan resiko bencana” lanjut Wabup.

Melalui Apel Siaga ini, Wabup berharap dapat memberikan bekal dan keterampilan sesuai fungsi dan peran masing-masing guna menunjang tugas dan pengabdian kepada masyarakat.

Tujuan dari Apel Siaga ini, agar bisa bersama sama meningkatkan kapasitas kita dalam peningkatan kesiapsiagaan khususnya dalam menjawab tantangan ancaman bencana serta untuk mengantisipasi perubahan iklim yang saat ini telah memasuki musim penghujan” jelas Alimin.

Sementara untuk menghadapi bencana yang sewaktu waktu dapat terjadi, Wabup menjelaskan perlunya persiapan personil dan peralatan siap siaga mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, rehabilitasi serta kegiatan tanggap darurat nantinya.

“Yang lebih penting adalah bagaimana upaya kita semua untuk dapat lebih meminimalisir dampak yang mungkin terjadi akibat bencana tersebut atau yang biasa disebut mitigasi bencana” tutup Wabup.

(humas pinrang)

Pos terkait