BPBD Barru Imbau Masyarakat Waspada Terhadap Potensi Banjir

  • Whatsapp

SIDRAPPOS.COM, BARRU — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Barru telah melakukan berbagai persiapan untuk menagantisipasi bencana banjir yang sewaktu waktu dapat terjadi

Hal itu berhubungan dengan tingginya curah hujan yang terjadi belakangan ini di beberapa daerah

Bacaan Lainnya

Kepala Seksi Kesiapsiagaan BPBD Barru, Abdul Muhaemin Hasan, mengatakan, pihaknya telah melakukan rapat koordinasi dengan para stakeholder untuk membahas kesiapsigaan mengadapi potensi terjadinya banjir.

“Akhir tahun kemarin kami sudah rapat dengan perangkat desa, lurah dan camat serta relawan yang kami punya untuk  membahas hal itu,” kata Abdul Muhaemin, Kamis (2/1/2020).

Selain itu, BPBD Barru juga telah menyebarkan surat edaran terkait kewaspadaan potensi terjadinya bencana banjir karena curah hujan yang tinggi

Segala peralatan yang akan digunakan ketika terjadi banjir juga sudah disiapkan seperti parahu karet, boks politerin.

“Di awal tahun ini kita rencana edarkan lagi surat ke kecamatan, desa, dan kelurahan untuk mengingatkan tentang kewaspadaan potensi banjir ini,” katanya.

“Kami juga selalu memantau perkembangan BMKG terkait prakiraan dan kondisi cuaca yang diinformasikan,” ujarnya.

Muhaemin pun mengimbau kepada masyarakat agar senantiasa waspada terhadap potensi banjir.

Masyarakat dan Pemerintah setempat juga diminta agar memperhatikan saluran air pada drainase.

“Jangan buang sampah sembarangan, seperti ke sungai, terutama ke drainase karena itu dapat menghambat aliran air dan bisa berdampak banjir,” tutur Muhaemin.(*)

Berita Ini Telah Terbit Di Tribuntimur

Pos terkait